PGSD
UMADA

pgsd@umada.ac.id

Email

Jl. Madako, No. 1

Universitas Madako Tolitoli

Rapat Evaluasi Semester Genap T.A 2023/2024 dan Persiapan Semester Ganjil T.A 2024/2025 Program Studi PGSD UMADA

Program Studi PGSD menggelar Rapat Evaluasi Semester Genap Tahun Akademik 2023/2024 bertempat di Ruang Microteaching Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Madako Tolitoli yang dihadiri oleh seluruh dosen Program Studi PGSD. Dalam kesempatan tersebut, Mustakim, S.Pd., M.Pd selaku Ketua Program Studi PGSD mengawali dengan memberikan sambutan dan apresiasi terhadap kinerja dosen pengampu mata kuliah pada Program Studi PGSD selama pelaksanaan semester genap T.A 2023/2024.

Satu diantara hasil evaluasi yang dipandang urgentif adalah perlunya program studi beradaptasi dengan pengimplementasian Kurikulum Pendidikan Tinggi berbasis Outcome-Based Education (OBE) dan ini sekaligus menjadi tantangan bagi dosen program studi PGSD untuk melakukan redesain kurikulum OBE terutama dalam menghadirkan RPS yang berorientasi pada OBE di semester mendatang. Terlebih lagi dengan melihat potensi yang dimiliki oleh mahasiswa PGSD yang hingga kini telah menghasilkan beberapa luaran mata kuliah yang terpublikasi pada jurnal terakreditasi sinta, salah satunya telah menghasilkan publikasi pada jurnal terakreditasi Sinta Peringkat 2 di tahun 2024 (https://ejournal.umm.ac.id/index.php/raden/article/view/32760) sebagai luaran Mata Kuliah Pendidikan IPS yang menjadi mata kuliah wajib Program Studi PGSD.

Selain pencapaian dalam hal publikasi ilmiah hasil kolaborasi dosen dengan mahasiswa dalam mata kuliah. Juga Tidak kalah penting, di tahun 2024 ini Program Studi PGSD mencoba mengukir sejarah baru dalam merealisasikan komitmennya menghasilkan lulusan sarjana yang berasal dari mahasiswa PGSD angkatan 2020 sebagai mahasiswa lulusan angkatan pertama sejak diselenggarakannya Program Studi PGSD di Universitas Madako Tolitoli.

Tujuan terpenting dari rapat evaluasi semester ini adalah sebagai wadah koordinasi kesiapan program studi dalam menyambut perkuliahan semester ganjil untuk T.A 2024/2025 mendatang demi memastikan terpenuhinya kebutuhan akademik dan non akademik mahasiswa Program Studi PGSD. Satu kesyukuran bagi Program Studi PGSD terkait animo mahasiswa baru terus mengalami peningkatan yang sangat signifikan dengan jumlah 142 mahasiswa baru untuk Kelas Kampus Tolitoli dan 60 mahasiswa baru Kelas Pengembangan Buol atau secara keseluruhan berjumlah 202 mahasiswa baru berdasarkan data akhir Juli 2024 hasil seleksi gelombang I dan II. Lonjakan animo mahasiswa baru ini yang meningkat signifikan dari 4 tahun belakangan ini, pertanda bahwa masyarakat telah menaruh kepercayaan besar kepada Program Studi PGSD dalam menciptakan regenerasi pendidik di bidang ke-PGSD-an.

Suatu harapan besar dari rapat evaluasi yang digelar pada Hari Selasa, 07 Agustus 2024 ini dapat menjadi langkah progresif bagi PGSD UMADA dalam memastikan keberhasilan pelaksanaan kinerja program studi yang secara bertahap memaksimalkan perbaikan dan peningkatan mutu layanan akademik yang diberikan oleh program studi sebagai bagian penting dalam menjawab harapan masyarakat sekaligus berupaya memenuhi kebutuhan akreditasi sesuai ketentuan standar mutu yang ditetapkan oleh Lembaga Akreditasi Mandiri Bidang Kependidikan (LAM-DIK).


PGSD UMADA. Bergerak dan Berdampak, Memulihkan Karakter Bangsa.